INTENSIFIKASI PEKARANGAN! MAHASISWA KKN UNSOED LAKUKAN PENANAMAN BIBIT CABAI DAN PENGENALAN PESTISIDA NABATI

Pemalang (1/22/2024) – Salah satu program KKN Universitas Jenderal Soedirman 2024 adalah intensifikasi pekarangan dengan melakukan penanaman bibit cabai. Melalui penanaman bibit cabai di pekarangan masyarakat, diharapkan lahan menjadi lebih produktif dan dapat memberikan ketersediaan pangan lokal. Mahasiswa KKN UNSOED berperan dalam memberikan pengetahuan mengenai cara perawatan tanaman cabai dan mengenalkan pestisida nabati.

Masyarakat Desa Gunungbatu dan Tim KKN UNSOED 2024 bersama-sama melakukan penanaman 70 bibit cabai pada 8 Januari 2024. Kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan terkait langkah-langkah penanaman cabai serta memperkenalkan pestisida nabati yang dibuat dengan bahan organik meliputi lengkuas, bawang putih, dan tembakau. Media tanam yang digunakan berupa tanah, pupuk sekam dan pupuk kandang dicampur kemudian dimasukan ke dalam planterbag.

Bibit cabai dibagikan ke perwakilan setiap RT Desa Gunungbatu dan dilakukan monitoring pertumbuhan bibit cabai. Monitoring bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap perawatan tanaman cabai seperti pemberian pupuk NPK, penyemprotan pestisida nabati, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *